Selasa, 12 Maret 2013

cara jkerja kompas








Tersesat saat melakukan perjalanan? Kompas adalah alat sederhana sebagai solusi yang membantu memecahkan masalah ini. Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah, kompas berupa sebuah panah penunjuk magnetis. Arah Utara, Barat, Selatan dan Timur dapat ditunjukannya.

Lalu bagaimanakah alat sesederhana ini dapat melakukan itu semua? Pada prinsipnya kompas bekerja berdasarkan medan magnet, dalam hal  ini kompas dapat menunjukkan kedudukan dari kutub-kutub magnet bumi. Kompas dapat bereaksi karena gangguan dari magnet dan medan listrik yang berada disekitar kompas.

Seperti yang sudah diketahui, magnet sejenis yang bertemu akan bertolakan. Medan magnet itulah yang dimanfaatkan sebagai cara kerja kompas. Namun ada baiknya jika kita pun melakukan usaha untuk memperkecil pengaruh luar terhadap gangguan kompas, misalnya dengan menggunakan minyak bening. Jarum kompas dijaga agar tidak berkarat dengan menggunakan minyak bening atau ada yang menyebutkannya cairan anti static.


Ketika menggunakan kompas haruslah berhati, disarankan demikian karena jarum kompas dapat kapanpun terganggu. Jika jarum kompas terganggu, maka perjalanan Anda pun bisa berantakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat mengganggu kinerja jerum kompas:
1. Kawat listrik dan listrik tegangan tinggi. Menggunakan kompas lebih dari 60 meter dari kawat listrik tegangan tinggi, karena pada jarak tersebut medan magnet kompas belum terpengaruh oleh medan magnet dan medan listrik
2. Kawat telegraf. Untuk jarak yang baik, dalam penggunaan kompas sebaiknya  mengambil jarak lebih dari 40 meter dari kawat telegraf.
3. Kawat berduri. Banyak ditemui pada batas daerah batas pertanian, peternakan, komplek militer dan lain-lain. Penggunaan kompas yang baik harus berjarak ±10 meter dari benda tersebut. Yang terpenting sebelum membeli kompas, hendaknya diketahui dan dipilih terlebih dahulu, bentuk yang diinginkan dan disesuaikan dengan keperluan.
4. Patok dari besi baja. Jarak yang ideal untuk perhitungan kompas adalah ±3 meter. (Laras)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More